Pengertian Pembuktian

Pembuktian menurut pemahaman umum adalah menunjukkan ke hadapan tentang suatu keadaan yang bersesuaian dengan induk persoalan, atau dengan kata lain adalah mencari kesesuaian antara peristiwa induk dengan akar-akar perstiwanya. Dalam perkara hukum pidana kesesuian itu tentu tidak harus diartikan sebagai kesamaan, tetapi dapat juga atau harus diartikan adanya korelasi, atau adanya perhubungan yang saling mendukung terhadap penguatan atau pembenaran karena hukum.

Pengertian Pembuktian


Misalnya, peristiwa pencurian, induk permasalahannya adalah adanya barang yang hilang, korelasinya mungkin saja tempa menyimpan barang yang hilang itu telah rusak, atau ada tanda-tanda dirusak, atau juga barang yang disimpan itu telahtidak ada di tempatnya atau juga barang yang ditempatkan ditempat tertentu itu telah tidak ada ditempatnya, karena adanya usaha manusia yang melanggar hukum.

Korelasi yang lain adalah adanya tanda-tanda pemakaian alat untuk merusak, atau ditemukannya barang yang hilang itu di tempat lain, di mana perpindahan barang yang hilang itu bukan atas kehandak pemilik barang, atau yang lebih penting lagi adalah bahwa adanya hukum, atau peraturan hukum yang melarang terhadap tindakan pecurian itu.

Pembuktian merupakan proses penting dalam pemeriksaan sidang di pengadilan. Melalui pembuktian ini lah ditentukan nasib terdakwa, apakah ia bersalah atau tidak. Dalam hal pembuktian, hakim perlu memperhatikan kepentingan masyarakat dan terdakwa.

Kepentingan masyarakat berarti seseorang telah melanggar ketentuan perundang-undangan, ia harus mendapatkan hukuman yang setimpal dengan kesalahannya. Sedangkan yang dimaksud dengan kepentingan terdakwa adalah terdakwa harus tetap diperlakukan adil sehingga tidak ada seorang pun yang tidak bersalah akan mendapatkan hukuman atau sekalipun ia bersalah ia tidak mendapat hukuman yang berat (dalam hal ini terkandung asas equality before the law). Oleh karena itu, para hakim harus hati-hati, cermat, dan matang menilai dan mempertimbangkan masalah pembuktian. Pembuktian dalam acara pidana sangat penting karena nantinya akan terungkap kejadian yang sebenarnya berdasarkan berbagai macam alat bukti yang ada dalam persidangan.
Loading...