Biografi Montesquieu

SUDUT HUKUM | Montesquieu atau dengan nama lengkapnya ialah Charles-Louis de Secondat, Baron de La Brede et de Montesquieu lahir pada tanggal 18 Januari 1689 – 10 Februari 1755, ialah pemikir politik Prancis yang hidup pada Era Pencerahan ( Englightenment). Ia terkenal dengan teorinya mengenai pemisahaan kekuasan yang banyak disadur dan diterapkan pada banyak konstitusi di seluruh dunia. Ia memegang peranan penting dalam memopulerkan istilah “feodalisme” dan “kekaisaran Bizantium”

Montesquieu lahir di Château de la Brède, yang berjarak 25km dari kota Bordeaux, Ayahnya bernama Jacques De Secondat ialah seorang tentara dan ibunya yang bernama Marie Françoise de Pesnel lah yang membawa nama atau julukan Barony of La Brède ke keluarga De Secondat.

Kehidupan awal Montesquieu terjadi pada masa perubahan pemerintahan yang signifikan, mulai dari Inggris yang mendeklarasikan sebagai negara yang menganut sistem Monarki Konstitusional yang dibangun dari Revolusi Glorius (1688-1689), dan dia bergabung dengan Skotlandia dalam akta Union of 1707 untuk membentuk Kerajaan Britania Raya. Dan juga matinya Raja Louis XIV pada tahun 1715 yang kemudian digantikan oleh Louis XV yang pada saat itu berumur 5 tahun.

Seperti paragraf pertama di atas, Montesquieu dikenal sebagai penggagas teori Trias Politica atau pemisahaan kekuasaan. Pemisahan kekuasaan juga disebut dengan istilah trias politica adalah sebuah ide bahwa sebuah pemerintahan berdaulat harus dipisahkan antara dua atau lebih kesatuan kuat yang bebas, mencegah satu orang atau kelompok mendapatkan kuasa yang terlalu banyak.

Pemisahan kekuasaan merupakan suatu cara pembagian dalam tubuh pemerintahan agar tidak ada penyalahgunaan kekuasaan, antara legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Pemisahan kekuasaan juga merupakan suatu prinsip normatif bahwa kekuasaan-kekuasaan itu sebaiknya tidak diserahkan kepada orang yang sama, untuk mencegah penyalahgunaan kekuasaan oleh pihak yang berkuasa. Contoh negara yang menerapkan pemisahan kekuasaan ini adalah Amerika Serikat.